Amma · Belajar lagi · feeling me softly

Bicara mandiri, aliran rasa game level 2

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Game level 2 tentang kemandirian, terus terang gampang-gampang susah. Terutama karena Alhamdulillah, kami sudah coba sedikiiittt terapkan pelan-pelan ke Aleeka. Tapi, mengerjakan game ini, seakan kembali lagi mencermati tahapan kemandirian apa yang seharusnya atau mungkin dapat dicapai pada anak seusia Aleeka.

Saya ko sangat sangat bersyukur bisa bergabung dalam kelas ini dan mendapatkan banyak pengetahuan mengenai tahapan kemandirian anak. Next post saya copy-kan remahan berlian yang diberikan sebagai cemilan di kelas ya.

Melatih kemandirian juga perlu konsistensi dari orang tua ya, oh.. menurut saya selain konsistensi juga kepekaan. Ada waktunya anak memang minta diperhatikan, apalagi mungkin saat sehari-harinya tidak banyak waktu bertemu dan berinteraksi dengan orang tuanya. Bukannya tidak mau mengerjakan sendiri, tapi kali ini mau mama papanya yang bantu, karena sehari-hari dia sudah lakukan itu sendiri.

Kesulitan kemarin awalnya, menentukan aktivitas kemandirian apa yang ingin dilatih, secara saya pribadi tidak punya landasan tahapan kemandirian yang harus dicapai seesuai umur anak. Kesulitan lainnya, waktu interaksi yang kurang dengan Aleeka, karena saya bekerja. Walau memang bisa disiasati dengan cara bertanya ke nenek mengenai aktivitas Aleeka hari itu.

Oh ya, yang juga akhirnya terkena imbas positif, yaitu teman-temannya Aleeka, karena sering bermain di rumah maka penerapan kemandirian kemarin juga diterapkan baik untuk Aleeka maupun temannya. Lainnya yang juga perlu saya cari tahu, kenapa Aleeka seakan lebih terlihat ‘mandiri’ saat ada teman-temannya, dibanding saat hanya Ammi nya? hahaha..

-Ammi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s