Amma · Belajar lagi · feeling me softly

Think I’m not that good at It

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

IMG_20170620_195803-01

Komunikasi produktif, subjek ini tidak sepenuhnya baru untuk saya. Dalam ranah publik dimana saya aktif didalamnya, komunikasi haruslah efektif dan produktif. Bagaimana berhubungan dengan tim, dengan client, dengan partner, bila tidak dilandasi dengan komunikasi produktif, rasanya tujuan lembaga tidak akan tercapai.

Walau boleh dibilang komunikasi saya di ranah publik cukup baik (walau masih harus terus memperbaiki diri), tapi siapa nyana kalau saya masih merasa kesulitan untuk menerapkan komunikasi produktif dalam lingkup keluarga saya sendiri, dengan orang tua dan paling penting dengan Appi.

Dalam keluarga, saya tidak dididik untuk berkomunikasi dari hati ke hati sesama anggota keluarga. Orang tua saya dulu, bukan orang yang terbuka, mungkin sampai sekarang. Orang tua saya tidak pernah menerapkan family forum, tidak pernah duduk mengobrol atau berdiskusi saat makan bersama. Bahkan sejak dulu, kami tidak punya jadwal makan bersama, makan bersama menurut saya hanya sekedar kebetulan. Dan terlebih lagi, sejak kuliah saya sudah mulai tinggal menyewa rumah bersama teman-teman yang lain. Alhasil, momen bersama orang tua dan adik-adik benar-benar terbatas.

Mungkin karena terbiasa seperti itu, saya masih merasa kesulitan untuk bicara mengenai hal personal kepada orang lain. Menurut saya, saya orang yang tertutup untuk hal ini. Sepertinya, saya terbiasa untuk mendengarkan saja, dan bukan bicara tentang ‘saya’.

Bersama Appi, walau kami sudah menikah sejak tahun 2012, dan saling kenal sejak tahun 2005, tetapi kualitas komunikasi yang kami lakukan rasanya jauh dari kata produktif. Ya, kami pernah bicara tentang pendidikan dan masa depan Aleeka. Ya, kami pernah bicara tentang impian kami tentang liburan dan keinginan lainnya. Dan ya, kami juga bicara tentang banyak hal. Tapi tidak selalu, kami lebih banyak sibuk dengan pendapat dan pemikiran kami sendiri.

IMG20170619203702-01

Tapi saya seperti disadarkan oleh sesuatu, sesuatu yang menggelitik ketika saya mendapatkan pertanyaan mengenai visi dan misi keluarga kami saat ini. Pertanyaan ini saya dapatkan saat coba mengisi Buku Portofolio Anak dan belajar di kelas Bunda Sayang.

Semakin saya belajar, semakin saya tahu betapa dangkal komunikasi kami saat ini. Kami belum pernah bicara tentang visi dan misi keluarga kami, jarang sekali bicara mengenai peran masing-masing terhadap Aleeka, hampir tidak pernah bicara tentang apa yang akan kami lakukan untuk mencapai impian kami masing-masing. Kami bahkan tidak pernah lakukan lagi family forum. Komunikasi antara kami, hanya sebagian kecil kegiatan yang mungkin berlalu begitu saja, sehingga terkesan tanpa makna.

Ya, kami terlalu sibuk dengan pendapat dan pemikiran kami sendiri. Kami lupa caranya berkomunikasi produktif. Kami terlalu sibuk membangun keahlian komunikasi kepada teman main, teman kantor, kolega, client, atasan, dan orang-orang yang mungkin berada di luar lingkaran inti kami. Yang mungkin saja, saat kami meninggal, hanya segelintir dari orang-orang tersebut yang mengingat kami dalam doa-doa mereka.

Belajar dan belajar, mencoba dan mencoba, itu komitmen yang akan coba saya lakukan. Banyak hal yang masih menjadi PR saya dalam membangun komunikasi produktif, terutama dalam keluarga kecil saya, saya akui itu. Paling tidak, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki diri. Walau tanpa diminta, mungkin akan ada pengerjaan Game level 1 Kelas Bunda Sayang di hari-hari berikutnya yang akan coba saya tuliskan dalam blog ini. Semata hanya ingin menuliskan pengalaman belajar dan usaha yang saya lakukan, selangkah demi selangkah. Sehingga di suatu hari, apabila tujuan itu telah tercapai, saya akan menghargai tiap langkahnya dan tersenyum atas pencapaiannya. Aamiin.

-Ammi

 

Leave a Reply

