Aleeka · Amma · Belajar lagi

Ayo, lomba! Game level 1, #day10

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Beberapa bulan belakangan, Aleeka sudah mulai rutin bangun pagi, pkl 07.00 – 07.30 biasanya sudah sadar, dan sudah mau langsung mandi pagi. Dan pas banget sama waktunya saya siap-siap ke kantor. Waktu toleransi paling siang saya pergi ke kantor itu pkl. 07.30. Jadi, semakin pagi dia bangun, sebenarnya semakin senang saya, karena bisa meladeni dia lebih lama.

Nah, pagi ini kebetulan si anak kucil bangun pkl. 07 lewat, disaat saya bersiap masuk kamar mandi, terdengarlah rintihan kecil dari kejauhan (baca: beberapa langkah dari kamar mandi). Jadilah saya langsung sigap balik lagi ke kamar, karena kalo gak, moodnya bisa langsung ngdrop.. drop.. drop.

Setelah gendong menggendong sebentar, sekalian minta mandilah dia, mariii.. mandi bersamaaa.. Karena masih pagi dan secara saya juga harus bersiap ke kantor, sesi main-main di kamar mandi dipercepat sajah. Gosok gigi, Aleeka pakai shampoo, saya menyabuni, dan taraaaaa.. tidak perlu lama selesailah sudah.

Sebenarnya, tantangan berikutnya adalah memilih dan pakai baju sendiri. Aleeka itu sudah tidak mau dipakaikan orang lain, maunya pakai sendiri, jadilah biasanya kami harus pakai trik supaya dia mau pakai baju lebih cepat. Dan pagi ini triknya adalaaahhhh.. “Lomba yuk, Nak!” yeaaayy.. saya manfaatkan sifatnya yang kompetitif untuk supaya dia bisa pakai baju lebih cepat.

Setelah sesi memilih baju (yang agak memaksa) lebih cepat, lalu berhitung untuk berlomba. 1.. 2.. 3.. !! Wah, jiwanya yang kompetitif langsung terpacu, belum apa-apa dia bilang, “Ammi kalaahh.. aku menanggg!” Saya? pura-pura mempercepat pakai baju, supaya tidak terlihat kalah tanpa syarat.

Well, kadang mengetahui sifat anak memang berguna banget ya, apalagi untuk kondisi-kondisi seperti ini. Dalam kondisi saya, saya tidak memaksa-maksa atau memburu-buru dia secara langsung, cukup dengan lomba, dia sendiri sudah terpacu untuk lebih cepat, dan yang paling penting: no drama.

Jadi buibuk, coba kenali karakter dan sifat anak-anak, tentunya untuk hal-hal darurat emerjensi seperti ini dan untuk masa depan yang lebih baik! Semangat!!

-Ammi

 

 

 

Leave a Reply

