Aleeka · Amma · Belajar lagi · feeling me softly · Uncategorized

On time.. Game level 1, #day9

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Salah satu yang menurut saya perlu dilatih sejak dini yaitu, on time dan konsisten. Saya sendiri, mungkin karena pengaruh golongan darah (mohon jangan dianggap serius, karena lagi beralasan), termasuk yang agak sulit untuk on time (really on time, biasanya lebih-lebih 5 menitlaahhh), dan masih belajar dalam hal konsistensi untuk on time hihi..

Saya sangat menghargai on time, berusaha untuk selalu on time, tapi entah kenapa, on timenya saya itu ko kadang masih kurang on time juga ya hahaha.. Jadi misalnya begini, janjian pkl. 10, saya selalu berharap diri saya bisa sampai disana paling lambat 09.30, dengan harus datang jam segitu dan perkiraan waktu tempuh misalnya 30 menit, kan harusnya saya sudah mulai jalan itu jam 09.00 yah? Tapi entah mengapa, diri ini selalu punya alasan untuk tidak pergi persis jam 09.00.

Bisa tuh, jalan jam 09.15 nyaaa.. atau jalan jam 09.30nya. Dalam hati, ga mau nunggu kelamaan, dan datang passss waktu acaranya, atauuu.. sengaja ga dateng pagi-pagi banget biar ga berasa buka pintu duluan. Ckckck.. padahal yah, tau dong jalanan Jakarta kayak gimana ga bisa diprediksinya. Begitulah diriku, aku menyalahkan golongan darahku saja yang B yah.. *excuse mode: on.

Hasil gambar untuk golongan darah b tepat waktu

Nah, mengenai on time saya coba terapkan ke Aleeka malam ini. Sebenarnya hari-hari sebelumnya juga kami lakukan, dan hasilnya sudah mulai berhasil, Alhamdulillah. Contohnya waktu toleransi Aleeka untuk menunggu Appi atau Amminya bekerja di rumah. Untuk kesempatan tadi malam, saya coba untuk membatasi waktu mainnya.

Waktu sudah pkl. 21 saat kami sampai di rumah, seperti biasa, aktifitas wiken selalu kami coba untuk mengunjungi orang tua Appi di Ciledug. Paling tidak 2 minggu sekali, tapi diusahakan seminggu sekali. Sampai rumah, temannya Aleeka masih ada yang main diluar rumah, jadilah dia tergoda untuk main diluar. OK, diperbolehkanlah main, melihat bahwa Aleeka juga belum ngantuk karena sempat tidur di mobil tadi.

Pkl. 21.30, sepertinya sesi main masih belum selesai. Dia minta antar untuk pipis dulu, tapi setelahnya bilang mau main lagi. Sambil saya temani, saya bilang padanya, waktu main tinggal 15 menit lagi ya, dengan menunjukkan jam dinding, dan jarum panjangnya. 15 menit berarti jarum panjang ada di angka 9, saya tunjuk angka yang di sebelah kiri. Dan OK, kami sepakat. Oh ya, rahasianya, jangan pakai kalimat panjang-panjang, cukup tunjukkan jam dinding, dan sepakati waktunya.

5 menit sebelum waktu selesai, saya bilang padanya, waktu main tinggal 5 menit, anaknya sih ga kasih tanggapan apa-apa, sok ga denger kayaknya. Nah, saat sudah 3 menit berlalu, saya langsung ingatkan bahwa waktu mainnya sudah selesai.

Alhamdulillahnya, dia menyerah tanpa syarat, alias no drama, dan pamit ke teman-temannya. Begitu masuk rumah, saya tunjukkan jam dindingnya lagi, saya apresiasi dan ucapkan terima kasih karena dia mau menepati janjinya.

I think, that’s the power of communication. Sepakati sebelumnya, dan konsisten dengan hal tersebut. Apakah saya pernah gagal menerapkan hal ini? Pernah banget.. ini uji coba selama beberapa kali. Yang saya catat, kebanyakan gagal karena saya tidak konsisten. Karena alasan tidak ‘tega’, dan akhirnya dibolehkan saja semaunya.

Next time, mau dicoba konsisten untuk dia membereskan mainannya saat sudah main, ini target. Karena biasanya, Aleeka sudah ngabur duluan sebelum diminta beresin mainnya. Dan yang ngeberesin? Amminya lagi, atau neneknya lagi. Heeemmm..

We’ll see about that, for now, saya sangat apresiasi komitmen malam ini. I’m a very proud mom 🙂

-Ammi

 

Leave a Reply

