Aleeka · Amma

Ramah atau Marah? Game level1, #day8

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Salah satu trik jitu menghadapi anak cranky, menurut saya, panjang sabaarrrrr.. Kalau pas stok sabarnya lagi menipis, dan kitanya tersulut emosi, kita ga hanya ngabisin energi tapi juga apa yang kita mau ga akan tercapai. Karena kalo lagi emosi, kita cuma bisa membentak dan berteriak, sambil mata melotot dan muka tambah jelek karena marah. Bahkan orang dewasa pun kalo dibentak atau diteriaki begitu, belum lagi yang dihadapi muka jelek, pasti bawaannya tambah takut atau marah.

Jadi, panjang sabarlah yang saya lakukan saat kemarin Aleeka mulai cranky karena memang sudah jadwal tidur siangnya. Selepas zuhur, memang jadwalnya Aleeka tidur siang, nah karena jadwalnya agak mundur karena terlalu asik main sama Ammi & tantenya, secara Amminya baru keliatan selama beberapa hari bertapa untuk ikutan pelatihan, dan drama pun dimulai.

Mulai dari posisi tidur yang salah, minta guling pas dikasi salah juga, ga boleh begini, ga boleh begitu, ckckck.. karena tau sebabnya cranky karena ngantuk, maka saya coba maklumi dan berusahaaa sabaaarrrr. Intonasi suara tetap saya jaga supaya ga naik, karena kalo iya, walah.. makin menjadi dia. Ditawarkan begini begitu, sampai akhirnya saya ajak dia untuk pindah ke kamar, dan dia setuju.

Akhirnya dia melunak, dia tawarkan untuk lomba tidur, yang saya iyakan walau agak mikir gimana tau siapa yang menang? haha.. ya okelah. Secara anaknya sangat kompetitif, mari mulai saja lombanya. Tidak lama, tidurlah dia. Huf.. Alhamdulillah.

Kalo saya tadi ikutan cranky kayak anaknya, mungkin endingnya ga indah kayak gitu. Bisa jadi ga tidur-tidur sampai sore karena anaknya kebablasan nangis, atau langsung ada pertolongan dari nenek tercinta, dan tetep ga indah juga sih endingnya. Karena anaknya bisa aja tertidur sambil nangis atau marah.

Begitulah buibuk.. masalah naik darah memang bisa gampang tersulut, tapi menanamkan kenangan indah itu yang sulit.

-Ammi

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s