Aleeka · Amma · Belajar lagi

Game level 1, #day4

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Being consistent is not that easy (yeah.. true!). Game level 1, sudah masuk hari ke-4, wow.. bicara tentang konsistensi. Sama seperti kemarin, i also have to woke up today, in the middle of my sleeping, almost in midnight, just to finish my game. Yaituuu.. posting cerita apa saja yang dialami hari ini. Like Cinderella, we also have a deadline every day, which in every midnight. If it was not for the sake of my future ahead, or to test my consistency through every level, I think I might give up.

What is my motivation? To be honest, one of my motifs is a badge! (FYI, if you can fulfill the challenge for 10 days in a row, you’ll get ‘I am responsible for my communication” Badge).

You see, I’m a badge freak! Well, not that freak, ehem… But if you have something to achieve, not just to be an ordinary one with a lil’ bit of extra effort, then I’m on it! Like a kid, I think it’s also OK for us, dreaming about achieving a ‘star’, aiming something that’s worth for us. So, here I am, almost midnight, trying to post something, which goes like babbling, sorry.. my bad.

Di group WA banyak bunprof yang juga bertanya, kalo ternyata sudah pilih poin yang menjadi fokus, tapi ternyata hari tersebut tidak ada kesempatan untuk melatih poin yang sudah dipilih, lalu apa yang ditulis? Saya sendiri akan menjawab dan menulis, apapun yang saya alami hari ini, akan coba saya tuliskan, apakah itu nyambung dengan poin yang dipilih atau tidak, rasanya tidak dapat dipaksakan.

Hari ini, merupakan hari full Aleeka, seperti yang saya bilang di post #day3 kemarin. Guna untuk menebus beberapa hari yang akan datang tidak bersama Aleeka langsung, maka saya coba seharian ini bersamanya.

Dimulai dari awal bangun tidur, saya yang sudah siap dengan mukena untuk laksanakan sholat Dhuha, akhirnya ditunda sebentar karena Aleeka meminta Amminya untuk menggendong. Ritual yang biasa dia minta saat dia membuka mata dan mencari saya. Tanpa ngedumel, saya coba full jiwa dan raga bersamanya.

Setelahnya membersamai dia mandi, saya kabulkan keinginannya untuk berlama-lama di kamar mandi sambil bernyanyi dan lainnya. Idenya, supaya moodnya riang sepanjang hari. Mandi dan berpakaian, kami lakukan dengan riang, sambil bernyanyi dan bercanda. Tidak seperti saat hari kerja (Sn – Jm) yang biasanya saya hanya punya waktu sebentar, karena terkadang dia bangun agak siang, sehingga kami harus buru-buru.

Setelah dia berpakaian, saya siapkan sarapan untuknya. Hari ini kami berhasil bernegosiasi untuk dia dapat menghabiskan sarapan yang saya siapkan. Sambil menghitung tinggal berapa suapan sehingga dia bisa menghabiskan sarapannya, dan memuji saat itu berhasil dilakukan. Walau ada sayur yang tidak termakan, saya ucapkan terima kasih karena sudah selesai makan tanpa drama. Eating breakfast without drama, checked!

Saya meminta ijin untuk sholat, saat ada temannya datang, dan diperbolehkan. Setelahnya saya teringat ada dokumen yang harus saya perlukan untuk hari senin, sekalian saya minta waktunya untuk menyiapkan dokumen tersebut di laptop. Sambil juga menanggapi saat dia bertanya dan meminta pendapat.

IMG_20170605_003059_789000
betul buk.. mereka dandan2an dan selfie sendiri

Belakangan ini, Aleeka sudah mulai mengerti kalau Ammi atau Appinya harus kerja di rumah. Memang awalnya masih belum bisa bernegosiasi, terkadang dia mau ikutan untuk ketik-ketik laptop atau mengacak-acak buku yang kami gunakan. Tapi seiring dengan pengertian yang kami berikan, kami biasanya juga meminta ijin selama beberapa waktu (biasanya kami akan tunjukkan jam dinding dan minta dia untuk menunggu atau bermain sendiri sampai jarum jam menunjuk ke angka tertentu).

Awal-awal masih belum bisa, tapi semakin lama, semakin kami konsisten, Alhamdulillah sudah mau mengerti. Bahkan dia yang akhirnya mengingatkan kami bahwa waktu kami sudah selesai. Aleeka belum mengerti angka, tapi dia tau letak angka dimana kami berjanji saat itu. And you know what, kids remember our promises. That’s why we also have to commit with our promises. Kerja tanpa drama, checked!

Selepas zuhur, saya dan nenek mengajak Aleeka untuk ke pasar membeli sayuran untuk buka puasa hari itu. Aleeka sudah terbiasa ke pasar, mungkin jauh lebih terbiasa daripada saya sendiri, mengingat bahwa nenek yang sehari-hari bersama Aleeka juga sering membawa Aleeka saat beliau ke pasar. Pasar tanpa drama, checked!

Pulang dari pasar, saya minta dia untuk tidur siang (sebenarnya sudah menuju sore) karena hampir pkl. 3 saat kami tiba di rumah. Dan dia sendiri baru tertidur saat sudah pukul 3 lewat, walau begitu saya tidak perlu memaksa untuk tidur siang, saya biarkan dia mengikuti panggilan alamnya saja. So, nap without drama, checked!

Bangun tidur, seperti biasa, peluk Ammi, dan minta mandi sore. Dan sampai kami berbuka bersama teman-teman di rumah kami, Alhamdulillah no cranky and drama whatsoever.

Saat teman-teman kami masih berada di rumah, tapi sudah waktu sholat tarawih, dengan senang hati dia ikut nenek untuk ke masjid, tanpa Ammi. Sampai waktunya pulang dan tidur, dia bercerita tentang temannya, saya coba menanggapi dengan beberapa pertanyaan. Sampai waktunya tidur pun, Alhamdulillah, semua lancar car car.

Well, what made things different this time? Mungkin karena di awal hari, saya mencoba set positif jiwa dan raga saya untuk menghadapi hari ini bersama Aleeka. Mencoba tetap mengendalikan emosi dan bersikap ramah, walau di pasar beberapa kali Aleeka minta gendong karena penasaran dengan apa yang kami lakukan. Walau seperti biasa, makan sedikit padahal porsi sudah coba disesuaikan dengan keinginannya. Dan walau seperti biasa, dia akan melompat-lompat dan sikap ‘aku bisa’ nya saat akan berpakaian, yang akhirnya membuat waktu berpakaian menjadi lebih lama.

Yang terpenting adalah, saat di akhir hari, saya mensyukuri segala hal positif yang telah kami lakukan hari ini. No drama, checked!

WhatsApp Image 2017-06-04 at 20.50.25
Aleeka kemana? dia main diluar sama teman2nya yang lain

-Ammi

Leave a Reply

