Amma · feeling me softly · Uncategorized

I am Blogging, (not just) for myself

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Blogging has become my self healing (like one of my fav blogger said). Blog ini ada karena satu emak ini pernah galau karena kehamilan, yang saya semakin sadari sampai hari ini, saya masih yang termasuk diberikan karunia Allah lebih cepat dari yang lain. Tapi ini bukan lagi mau cerita tentang galau-galau kehamilan, tapi lebih tepatnya kesadaran tingkat tinggi dari sesuatu yang namanya tanggung. Yak, tanggung.. yang kalo ditanggungin tuh bikin penasaran, yakan?

Saya baru menyadari hari ini, betapa banyak pencapaian yang bisa dilakukan seseorang apabila bersungguh-sungguh. Dari Matrikulasi IIP yang saat ini saya ikuti, kesadaran ini lahir, mungkin sebelumnya tidak pernah terpikir karena menganggap bahwa yang saya lakukan saat ini hanya sebagai selingan, bukan sesuatu yang ‘berguna’ bahkan untuk orang lain. For example, this blog. This blog was once created, just for myself, tempat curcol. Dari sisi curcol yang tidak berkesudahan itu, ko ya banyak yang mbaca.

Untuk emak sok sibuk seperti saya, blog ini sempat mati suri beberapa lama, terutama setelah masa-masa galau sirna, digantikan oleh sosok mungil yang sekarang sudah 3 tahun. Kayaknya ko ga adil yah bagi si blog. Dibutuhkan saat si empunya lagi syedih, pas lagi syeneng, eh.. ditinggalin.

Sejak mengikuti Matrikulasi IIP Batch 3 yang dimulai di Januari 2017 (klo saya ga lupa), blog ini mulai lagi kehidupannya menemani si emak yang sedang giat-giatnya belajar, menjadi buku tulis si emak apabila ada tugas atau hal yang perlu dicatat (walau belum semua materi tercatat). Si emakpun menjadi jago lagi bercerita, ngedongengin si blog yang dengan setia menunggu. Bahkan sekarang si emak, jadi tukang ngedongeng di blog tetangga sebelah.

Hasil gambar untuk chaos at work

Kalau inget Chaos@work, Raditya Dika, yang bisa monetize blognya, saya sih belum pernah berharap sampai kesana. Cukuplah blog ini dibaca dan jadi inspirasi buat pembacanya. Nah, apa hubungannya sama tanggung? Begini.. saya sempat mampir ke banyak blog hari ini, menemukan keasikan mereka untuk blogging. Mereka yang sudah punya buanyak postingan, dengan gaya tulisan dan pemilihan kalimat yang aduhai, bikin saya iri. Isi blog yang mereka miliki, sangat inspiratif, sangat bermanfaat, dan bisa banget jadi acuan atau referensi yang berguna bagi pembaca.

Nah, kalo saya? Seakan berkaca dan bertanya pada diri sendiri, kemana saja selama ini? Apa saja yang sudah dilakukan dengan sungguh-sungguh, dan menghasilkan sesuatu? Walaupun konteks awalnya adalah blogging. Saya lihat mereka melakukannya dengan sungguh-sungguh. Beberapa hal saya merasa kehilangan, kehilangan moment, kehilangan tujuan.

Lagi-lagi belajar dari Matrikulasi IIP, saya merasa diberikan arahan dan kesadaran, karena hal ini pernah dibahas sebelumnya. Dan mungkin beberapa hal yang saya rasa tidak pernah dilakukan dengan sungguh-sungguh, hingga akhirnya masih banyak yang belum maksimal sampai saat ini.

Bersungguh-sungguhlah kamu di dalam, maka kamu akan keluar dengan kesungguhan itu.

Kalau ditanya, apa sih tujuannya ngeblog? Untuk sekarang, saya ngeblog untuk diri saya sendiri, untuk mencatat hal atau kejadian yang menurut saya sangat sayang untuk dilewatkan, dan sangat pantas untuk dikenang kembali. Ya Alhamdulillah kalo ada yang merasa terinspirasi. Monetizing blog? saya belum berniat sampai kesana. Biarlah blog ini jadi catatan sejarah perubahan pemikiran dan hidup dari seorang emak sok sibuk.

Jadi, tolong ingatkan saya untuk selalu menulis yah.. walau tidak setiap hari, tapi target pribadi bisa menorehkan suatu cerita minimal 2 posting-an per minggu (ehm, blog tetangga sebelah ga diitung kayaknya). Semoga Allah mudahkan yah.. Aamiin..

-Ammi

2 thoughts on “I am Blogging, (not just) for myself

Leave a Reply

