Amma · Belajar lagi · Uncategorized

NHW #8 Matrikulasi Institut Ibu Profesional (IIP) Batch #3

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Seperti biasa, pengerjaan NHW (Nice Home Work) tiap minggu, selalu ada hubungannya dengan NHW minggu sebelumnya. Masih seputar #menjadibundaproduktif, pada NHW minggu ini, kami diminta untuk melihat hasil kuadran aktivitas yang telah kami buat pada NHW#7, dan memilih salah satu aktivitas yang kami tulis dari kuadran SUKA & BISA. Yang menurutku agak susah karena harus memilih satu diantara beberapa pilihan aktivitas yang SUKA & BISA. Kebayang donggg gimana susahnyaaaaa??? buat emak-emak (sok) rempong kayak eijke beneran susah untuk memilih.

Hemm.. melihat, menimbang, memicingkan mata, melihat keluar jendela, ngintip orang ujan-ujanan, eh.. ada tukang capucino cincau di depan kantor.. #gagalfokus. Akhirnya memilih untuk mengambil aktivitas menulis, jualan online, membuat materi & mengajar dari kuadran SUKA & BISA. Walaupun hati masih terbelah, ya akhirnya saya akan coba dengan gegap gempita memilihnya.

Lepas dari satu pertanyaan sulit, menuju ke pertanyaan sulit lainnya, yaitu menjawab Be (mau jadi apa?) – Do (ingin melakukan apa?) – Have (ingin memiliki apa?). Arrrhhh.. garuk-garuk tembok dulu d biar dapet inspirasi.. Lagi-lagi, melihat keluar jendela jauh di cakrawala, tak kutemukan jawabannya. Ahh.. jawaban satu seakan menimbulkan komitmen baru, bukan hanya sekedar ucapan & kata-kata, tapi diminta juga buktinya. Mulai sajalah ya.. tidak ada benar salah, hanya mau atau tidak mau berkomitmen.

BE : sebenarnya, tidak hanya dalam konteks jualan online, kepinginnya semakin banyak orang yang terinspirasi untuk bisa mandiri, menciptakan lapangan kerja bagi diri sendiri dan orang lain, dan bermanfaat bagi orang lain.

DO : kalau bisa memantapkan ilmu yang saya miliki untuk bisa berkompetisi dalam per-jualan-an online. Mengetahui channel jualan apa yang sesuai sehingga bisa meningkatkan promosi dan penjualan. Meningkatkan kemampuan di tingkatan advanced sehingga nantinya bisa berbagi ilmu lebih banyak ke orang lain.

HAVE : sejarah hidup yang dapat selalu dikenang oleh orang lain, yang dikenang dalam hal positif, menginspirasi, karena membawa perubahan positif bagi orang lain. Oh.. dan juga, bisa punya satu atau beberapa toko online yang omzetnya bisa ngalahin gaji bulanan sekarang hahaha.. eh, Aamiin..

Pertanyaan selanjutnya, kami diminta untuk mengisi tujuan yang ingin dicapai, yang dibagi menjadi 3 aspek dimensi waktu, sbb:

  1. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu kehidupan kita (lifetime purpose).
  2. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu 5-10 tahun ke depan ( strategic plan)
  3. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu satu tahun ( new year resolution)

Tolong catat ya buibu.. ada waktu dimana kita itu speechless sama pertanyaan atau pernyataan orang lain, yang kalo istilah kekiniannya: krik… krik.. Sama kayaknya nih kondisinya.. hhhheeeeemmmmm…

Lifetime purpose, jawabannya berhubungan dengan jawaban BE & HAVE di atas, yaitu secara pribadi ingin sekali bermanfaat bagi orang lain, terutama ingin menginspirasi orang lain untuk menjadi mandiri. Saat ini memang belum terpikir apa dan bagaimana caranya, tapi mungkin hal ini seperti yang dibilang pada Materi Matrikulasi sesi #8 :

Maka sekarang, jalankan saja yang anda BISA  dan SUKA tanpa pikir panjang, karena Allah pasti punya maksud tertentu ketika memberikan kepada kita sebuah kemampuan. Apabila kita jalankan terus menerus, kemungkinan itulah misi hidup kita.

5 – 10 tahun ke depan, saya pernah punya impian untuk bisa jadi IRT yang produktif pada umur 40 tahun (saat ini saya masih, baca: dulu, berumur 27 tahun, ehem.. masih muda pokoknya y, hussshh.. jangan terlalu kepo yak buibu hehehe.. ). Dalam hal ini, pertimbangan persiapan yang harus dilakukan sebelum mencapai 40 tahun yaitu terutama dalam hal membantu perekonomian keluarga di saat saya tidak lagi bekerja di kantoran.

new year resolution, untuk saat ini ada beberapa hal yang sudah dalam perencanaan baik pribadi maupun kantor. Tantangan untuk membuat dan mengajar materi Office, juga membina sekelompok ibu-ibu yang tertarik untuk belajar e-commerce, dan perencanaan CSR kantor yang melibatkan saya sebagai salah satu fasilitatornya, insya Allah akan dijalani. Berkaca pada quote di atas, saat ini saya sedang menjalani apa yang saya BISA & SUKA.

Semoga Allah meridhoi.. Aamiin..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s