Amma · Belajar lagi

NHW #7 Matrikulasi Institut Ibu Profesional (IIP) Batch #3

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

NHW minggu ini menurut saya cukup simpel, dimulai dengan mengisi tes yang ada di website: www.temubakat.com, dengan tujuan untuk lebih mengenal kekuatan diri (strength topology) masing-masing, setelahnya kami harus mengamati dan mengkonfirmasi ulang hasil testnya. Selanjutnya kami diminta untuk mengisi kuadran aktivitas yang dibagi menjadi 4 kuadran:

  1. Aktivitas SUKA & BISA
  2. Aktivitas SUKA, tapi TIDAK BISA
  3. Aktivitas TIDAK SUKA, tapi BISA
  4. Aktivitas TIDAK SUKA, dan TIDAK BISA

Saat ngerjain, yang agak mikir panjang sebenarnya menempatkan aktivitas-aktivitas yang saat ini dilakukan ke dalam kuadran-kuadran tersebut. Karena hampir semua aktivitas yang saya sering lakukan, itu biasanya suka dan bisa (ihiyyy.. GR tingkat dewa). Baeknya kita mulai ngerjain NHW, yuk mariiii..

Di bawah adalah hasil test yang saya sudah lakukan pagi ini, dan yang agak mencengangkan bingung sebenarnya, ternyata hasil Strength Cluster saya itu ga ada yang dominan, hehehe.. entah saya harus bangga atau mulai merenungi diri sendiri nih..

st30

st30-2

Nah, itu diatas buibu hasilnya, aaakk.. saya ga ngerti bacanya.. Eh untungnya, dalam pdf yang didownload ada cara bacanya buibu (wihiii.. *tembakconfetti), sesuatu banget inih. Hasil diatas, kalau diliat secara kasat mata, bukan mata batin, potensi kekuatan yang saya miliki, rata-rata memang yang saya lakukan sekarang. Apa ada pengaruhnya ya? Apa yang kita lakukan sekarang terhadap potensi yang kita miliki sebenarnya? Sepertinya ada didiskusi kemarin, nanti coba cek contekan dulu.

Saya saat ini sebagai administrator (saya cukup terencana & lumayan suka keteraturan, makanya semua aktivitas biasanya saya taruh di calendar supaya ga lupa), arranger (dari sisi berani menghadapi konflik: iya, kalo terpaksa, saya lebih senang klo arranger ini maksudnya saya bisa memaksimalkan dan mengatur sumber daya untuk tujuan tertentu), communicator (i love to communicate, really, i doooo… ), educator (ini mah betulan, saya suka meng-encourage orang untuk menjadi lebih baik, suka mengajar walo ga dibayar -ehm..), marketer (ini salah sekian dari kecintaan saya, marketing!! yeayy..), selector (iya buk saya pemilih, dibuktikan dengan pilihan misua saya ya seperti itu, #eh?) & strategist (yaaa.. begitulah.. haha males ngejelasin *toyor).. GUE BANGEEETTTT!!! ehem.. nama-namanya keren yah (kibasponi.. #gagalfokus). Di kantor sih melakukan aktivitas tersebut di atas, dan memang saya senangi apa yang saya lakukan sekarang, a lot! (sangat ya buibu maksudnya, bukan alot, aahh.. kasih kamus juga nih..)

Kalau yang bagian commander, creator (jelas saya ga suka mencipta, crafting aja suka ngasal, tapi sekali bikin serius sih lumayan bagus, nyontek tapinyaaa..), operator (saya sering bosen lakukan hal monoton tiap hari), producer (kalo contekan bilang: pekerja keras yang senang teratur & tidak sabaran, heeem.. emang bukan saya sih kayaknya *ambilkaca), safekeeper (nah.. yang ini mah Appi bangeetttt soal kewaspadaannya ya, dan bukan sayaahhh..)

Sedangkan untuk strength cluster, 3 cluster (Headman, Networking, Generating Idea) nilainya sama-sama 29%, sedangkanan sisanya 14% Elementary. Nah, berarti ga ada yang dominan di saya ya? heeemmmmmmmmmm….

Saatnya memasukkan aktivitas pada kuadrannya..

10 menit kemudian.. kuadran yang 3 & 4 masih kosong aja loh..

30 menit kemudian dan saya pun nyambi kerjaan kantor.. hiks.. maaf, saya setor apa adanya dulu, yang tidak suka dan tidak bisa, saya belum isi (sebenarnya mau isi: yang tidak bisa & tidak suka : move on mikirin duo kesayangan kalo pas kerja, ihiiyyy…)

BISA TIDAK BISA
SUKA Menulis apapun di blog
Membuat materi ajar & mengajar
Mengatur SDM di kantor
Melakukan aktivitas marketing & sales
Jualan online (basic e-commerce)
Melakukan advance e-commerce (SEO, digital marketing advanced)
Merumuskan financial management untuk UMKM
Bergabung dalam komunitas terlalu banyak & sering (karena jadwal biasanya bentrok dengan agenda keluarga)
TIDAK SUKA Pekerjaan rumah tangga, kecuali wiken
Shopping / window shopping di mall
Melakukan konfrontasi apabila ada masalah
Tidak terlalu suka memasak (tergantung mood)

Dan saya pun merasa, ternyata NHW ini pun tidak sesimpel yang saya kira (hehe.. *ampun bu fasils).

-Ammi-

[Ayu Rachmawati – peserta Matrikulasi IIP batch #3 JKT1)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s