Aleeka · Amma · Appa · Belajar lagi · Uncategorized

NHW #6 Matrikulasi Institut Ibu Profesional (IIP) Batch #3

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Mari mencoba membuat detail aktivitas sehari-hari seperti yang diminta NHW minggu ini, sebagai tahapan untuk menjadi manajer keluarga yang handal. Mengapa? Mengutip kalimat dari tugas NHW#6 ini,

Karena hal ini akan mempermudah bunda untuk menemukan peran hidup kita dan semoga mempermudah bunda mendampingi anak-anak menemukan peran hidupnya.

Aamiin.. mudah2an tujuannya tersampaikan. Pada program matrikulasi ini, saya benar-benar mencoba untuk mengubah rutinitas sesuai dengan NHW tiap minggunya dan berusaha untuk lebih berkomitmen terhadap pelaksanaan NHWnya. Walaupun setelah dievaluasi ternyata tidak semua dapat terlaksana dengan baik.

Yuk, kita mulai pembuatan NHW#6 nya, dimulai dengan langkah:

  1. Menuliskan 3 aktivitas yang paling penting, dan 3 aktivitas yang paling tidak penting
  2. Waktu anda selama ini habis untuk kegiatan yang mana?
  3. Jadikan 3 aktivitas penting menjadi aktivitas dinamis sehari-hari untuk memperbanyak jam terbang peran hidup anda, tengok NHW sebelumnya ya, agar selaras
  4. Kemudian kumpulkan aktivitas rutin menjadi satu waktu, berikan “kandang waktu”, dan patuhi cut off time
  5. Jangan ijinkan agenda yang tidak terencana memenuhi jadwal waktu harian anda
  6. Setelah tahap di atas selesai anda tentukan. Buatlah jadwal harian yang paling mudah anda kerjakan
  7. Amati selama satu minggu pertama, apakah terlaksana dengan baik? kalau tidak segera revisi, kalau baik, lanjutkan sampai dengan 3 bulan

img_20170225_151413-01

Mengingat bahwa sampai saat ini, aktivitas yang saya lakukan terutama weekdays (Senin – Jumat) lebih banyak berada di kantor, dan weekend (Sabtu – Minggu) berusaha untuk dijadikan me-time & waktu keluarga, maka rutinitas yang saya tuliskan mungkin akan dibedakan menjadi dua bagian besar: Weekdays & Weekend.

Pada weekdays, 3 prioritas penting saya yaitu:

  1. Meeting dengan internal / eksternal, saya bagi ke beberapa waktu tiap harinya sehingga saya dan tim bisa slot kan kapan waktu mulai dan selesai.
  2. Aktivitas self development untuk mengembangkan skill dalam hal marketing atau bisnis (no working time), saya slot kan waktunya di 2 hari setiap minggunya. Kenapa tidak di waktu-waktu saya tidak meeting? Karena biasanya saya kerjakan tugas-tugas kantor lainnya di waktu saya tidak meeting.
  3. Waktunya Aleeka, saya usahakan pulang kantor sudah sampai rumah pkl. 20.30, sehingga masih ada waktu untuk main, membaca, atau aktivitas lainnya dengan Aleeka sebelum tidur.

3 aktivitas kurang penting selama weekdays, yaitu:

  1. Mengecek akun sosmed pribadi, biasanya saya tidak slot kan waktunya, karena saya terbiasa untuk tidak mengecek sosmed pribadi di saat kerja, kecuali saat no working time 2x seminggu, atau saat benar-benar tidak sibuk dengan kerjaan. Sosial media yang biasanya saya pantau yaitu milik perusahaan, jadi mau tidak mau saya harus juga login ke akun pribadi. Oya, itu kalau aksesnya lewat PC/laptop, tapi di HP sendiri sosmed selalu on, tapi notifikasinya tidak diaktifkan.
  2. 2 & 3, saya tidak teringat apa lagi, mungkin nanti kalo ada saya coba tuliskan hehehe..

Untuk weekend, sebelumnya saya tidak slotkan waktu untuk kegiatan khusus, hanya family time saja, karena suami terkadang memiliki jadwal yang fleksibel, tapi mungkin saya akan coba mulai merutin-kan hal-hal yang menurut saya penting, yaitu:

  1. Waktu berberes rumah, biasanya saya lakukan di pagi hari sabtu / minggu, tergantung pak misua ngajak aktivitasnya di hari apa. Tapi belakangan beliau juga ada jadwal untuk persiapan materi mengajar, jadi mungkin saya akan coba diskusikan slot waktunya kapan aktivitas kita bisa berbarengan sehingga tidak bentrok dengan aktivitas lainnya.
  2. Di sabtu/minggu biasanya saya slotkan me-time, waktu ini memang diset saat Aleeka (kemungkinan) masih tidur dan misua biasanya sedang aktivitas lain, jadi saya bisa tenang untuk membuat NHW atau baca buku atau bersiap untuk mengajar di tempat lain. Tapi bisa berubah saat negara api menyerang.. eeeyyaaaa… bukan, maksudnya aktivitas bisa berubah, apabila Aleeka sudah bangun dari pagi hehehe…
  3. Aktivitas yang agak lama slot waktunya yaitu family time, secara kami berdua bekerja, bahkan bisa bekerja di weekend, maka waktu untuk silaturahim ke rumah ortu suami atau ke rumah nenek dan keluarga lainnya cukup terbatas. Weekend merupakan waktu total kami untuk beraktivitas dengan keluarga. Dan akhirnyaaaa.. beberapa aktivitas harus diliat prioritasnya.

Ah.. sedih karena ga bisa ikutan Kopdar IIP Jakarta kemarin (Minggu, 5 Mar 2017), padahal kepengen banget, sudah dikomunikasikan jauh-jauh hari dan sudah di plot di agenda segala. Tapi saya yakin, semua Allah sudah atur, mudah2an tidak mengurangi rasa silaturahim di antara anggota IIP Jakarta. Insya Allah akan ikutan di Kopdar ke-2 nantinya, Aamiin..

OK, setelah diliat prioritasnya, maka kandang waktu / cut off time harus diberikan. Saya coba buat cut off time dalam rencana aktivitas harian yang saya buat di Google sheet. Agenda ini dibuat setelah saya dapatkan materi #6, sehingga saya berupaya untuk memasukkan aktivitas sesuai keseharian saya. Penampakannya, sbb:

Dalam keseharian, saya gunakan calendar di HP yang terhubung dengan calendar Ms. Outlook kantor, jadi semua aktivitas saya masukkan ke dalam outlook. Outlook ini saya share ke tim di kantor, sehingga mereka dapat mengajukan waktu khusus untuk meeting atau agenda lainnya. Kalau di kantor, semua rikues agenda dilakukan via Outlook sehingga terdata agenda apa saja yang harus saya lakukan tiap harinya. Contoh penampakan seperti ini:

outlook

Di atas contoh untuk penampakan agenda per bulan, di bagian atas terlihat menu untuk pilihan tampilan agenda,  bisa perminggu, atau per hari, dan bisa kelihatan aktivitas perjamnya apa saja. Karena terhubung dengan calendar HP, maka semua aktivitas ada remindernya di HP, agak tenang ya buibu karena udah ada yang ngingetin.

Sekian pengerjaan NHW#6 ya buibu, semoga bisa menginspirasi, feel free to chat or leave a reply mmuuuaaahhh.. #ciyumbasah

-Ammi-

[Ayu Rachmawati – peserta Matrikulasi IIP batch #3 JKT1)

 

Leave a Reply

