Uncategorized

NHW #5 Matrikulasi Institut Ibu Profesional (IIP) Batch #3

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Untuk mengerjakan NHW#5, menurut saya sebagai awalnya diperlukan pemahaman terhadap apa itu Desain Pembelajaran, dan saya tidak mengira sangat banyak informasi dan ilmu yang harus diserap untuk bisa mengerjakan NHW kali ini. Tapi saya coba implementasikan pemahaman saya yang awam ini menjadi satu model desain pembelajaran pribadi (dari hasil diskusi yll, bahwa yang menjadi fokus utama adalah pembelajaran pribadi, CMIIW ya buibu). Untuk pembahasan teorinya, bisa dibaca di post ini ya buibu.

Selanjutnya adalah mengidentifikasi unsur desain pembelajarannya, berprinsip pada ADDIE & Kemp Model, berikut hasil identifikasi yang dapat saya jabarkan:

capture

Masih sangat-sangat draft.. tapi saya harap, desain pembelajaran ini dapat saya perkaya lagi seiring dengan berjalannya waktu dan pengembangan dari ilmu yang saya dapatkan. Dari ADDIE, baru Analysis & Design yang saya buat untuk jadi acuan pembelajaran, sedangkan Development, Implementation & Evaluation akan diperbarui sesuai dengan pelaksanaan dan pemahaman. File dibuat di google form yang sebelumnya saya share di post NHW#2.

Untuk sementara, ijinkan saya submit sedikit yang saya dapat pahami mengenai desain pembelajaran ini, walaupun secara pribadi saya masih belum puas dengan pengerjaan NHW#5. Tapi mengetahui dan memahami ilmu ini harusnya akan membantu saya bukan hanya untuk pribadi tapi untuk di kantor, mengetahui bahwa saya bekerja di dunia pendidikan.

So much that i don’t know, means i have to learn more and know more.

-Ammi-

[Ayu Rachmawati – peserta Matrikulasi IIP batch #3 JKT1)

ps: featured image diambil dari sini

Leave a Reply

