Amma · Belajar lagi · Uncategorized

Kelas Matrikulasi Batch3 Institut Ibu Professional, Jakarta

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Berawal dari suatu postingan salah satu Book Advisor MDS paling ciamik yang pernah saya kenal, saya ijin sebut merk ya, hehe.. namanyah mba Dwi Laelasari, mau liat profil fb & sekalian pesen buku sama beliau? bole klik sini ya.. Beliau posting bahwa sudah lulus program Matrikulasi Institut Ibu Profesional (IIP) batch 2 (kalau saya ga salah). Tergerak dong untuk cari-cari tau, apa sih itu IIP? karena judul yang ga biasa itu loh, ada ya program untuk jadi ibu profesional? makanya saya penasaran pake banget untuk cari-cari tau program apakah itu?

Alhamdulillahnya, ga berapa lama, muncullah info pendaftaran untuk program matrikulasi IIP batch 3, dan kepengen banget ikutan, biar jadi ibu profesional yang kekinian begituh. Biar berkah, ijin dulu sama suami, dan Alhamdulillah beliau mengizinkan. Programnya memang tidak terlalu mahal, bukan seperti belajar formal yang akan makan waktu belajar bertahun-tahun, kecuali nanti kalo ingin meneruskan programnya ya. Proses belajarnya kombinasi antara belajar lewat WA & tatap muka (2 kali saja kalo ga salah, sampai week ke #4 kebetulan kami belum dapat kesempatan untuk kelas tatap muka).

Atas ijin suami dan tujuan program yang sesuai dengan kebutuhan saya, saya akhirnya memutuskan untuk join dalam program matrikulasi ini. Setelah masuk dalam program ini, yang juga sudah saya sadari sejak awal mendaftar bahwa semua peserta diminta untuk berkomitmen dalam pembelajarannya, termasuk kebersediaan peserta untuk meluangkan waktu menelaah materi, berdiskusi dengan para fasilitator dan yang paling penting bersedia untuk mengerjakan tugas-tugas (baca: Nice Home Work – NHW) yang akan diberikan oleh bunda fasil setiap minggunya.

Image may contain: 1 person

Sampai post ini dibuat, saya sudah join kurleb week #4, akan masuk ke #5 materi, dan saya harus memberikan warning ke buibu yang ingin join ke dalam program matrikulasi ini: bulatkan tekad Anda, niatkan dalam hati, dan benar-benar luangkan waktu untuk bisa mengikuti program ini, karena tantangan besar menanti di setiap minggunya.. wahahaha.. eh, serius ini buibu.. pake banget.

Pada materi awal, memang buibu akan disuguhi dengan pengetahuan umum mengenai Adab menuntut ilmu, dan dalam hati mungkin seperti ini: ahh.. ok nih, tapi ada yang lebih berat lagi ga nih materinya? segini sih cimill.. (eh, apa tu cimil? hahaha). Tapi buibu belum liat kan NHWnyahhhh?? oh lala.. sudah dari minggu #1 kami sudah disuguhkan NHW yang bikin berkeringat, otak bekerja kerasss, komitmen dipertaruhkan, antara mau terusss apa tidakkkk.. hehe.. kidding buibu, bagian yang menantangnya betul, dan akan semakin menantang setiap minggunya. Ga percaya? buat yang belum ngerasain, silakan join di batch 4 ya, biar ga ketinggalan berita pantau terus fb nya di sini.

Tiap minggu, materi dan NHW yang diberikan selalu berhubungan dan benar-benar memberikan insight baru dalam dunia ke-ibu profesional-an. Detail materi & bahasan tiap minggu untuk Matrikulasi IIP batch 3, ada pada detail di bawah ini:

  1. Prolog : Adab Menuntut Ilmu (Senin, 23 Januari 2017)
  2. #1 [Overview Ibu Profesional] Menjadi Ibu Profesional Kebanggaan Keluarga (Selasa, 31 Januari 2017)
  3. #2 [Bunda Sayang] Membangun Peradaban dari dalam Rumah (Selasa, 7 Februari 2017)
  4. #3 [Bunda Sayang] Mendidik dengan Fitrah, berbasis Hati Nurani (Selasa, 14 Februari 2017)
  5. #4 [Bunda Cekatan] Ibu Manajer Keluarga (Selasa, 21 Februari 2017)
  6. #5 [Bunda Cekatan] Belajar Bagaimana Caranya Belajar (Selasa, 28 Februari 2017)
  7. #6 [Bunda Produktif] Rejeki itu Pasti, Kemuliaan harus dicari (Selasa, 7 Maret 2017)
  8. #7 [Bunda Produktif] Menemukan misi spesifik hidup (Selasa, 14 Maret 2017)
  9. #8 [Bunda Shaleha] Ibu sebagai Agen Perubahan (Selasa, 21 Maret 2017)

Setelah program Matrikulasi ini sebenarnya suatu awal untuk menuju program yang sebenar-benarnya dibutuhkan untuk menjadi ibu profesional yang sebenar-benarnya, alias matrikulasi ini rute awal untuk seorang ibu menjadi profesional. Kalau mau tau banget rute keseluruhannya, saya coba share gambar yang saya dapat dari fb IIP ya:

No automatic alt text available.

Saya pernah bertanya, apakah boleh kita loncat tidak mengikuti rute di atas, misalnya mau langsung ke bunda produktif? Jawabannya? Sebaiknya tetap mengikuti rute yang sama seperti yang di atas (sambil cari2 postingan di WA untuk pertanyaan ini dan penjelasannya).

Selanjutnya, pada kesempatan lain saya akan coba post materi per minggu sehingga materi yang diberikan dapat dibaca-baca lagi atau dapat di share ke buibu lainnya yang membutuhkan. Semoga ga bosen bacanya ya buibu, mari belajar bersama..

– Ammi

[Ayu Rachmawati – peserta Matrikulasi IIP batch #3 JKT1)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s