Belajar lagi · Uncategorized

NHW #4 Matrikulasi Institut Ibu Profesional (IIP) Batch #3

 

Bismillah.. di tengah rintik hujan yang sesekali muncul (saya di rumah loh ya, bukan di lapangan hehe..), saya mencoba untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan pada NHW#4. Pada NHW#4 memang yang harus saya lakukan pertama kali adalah, membuka kembali lembaran NHW sebelumnya, mengingat kembali, merasakan kembali dan mempertimbangkan kembali. Menurut saya, NHW kali ini menegaskan kembali makna diri saya dan membuat saya bergegas untuk mewujudkannya, dengan membuat milestone pendidikan dalam hidup, sehingga yang saya rencanakan semakin berwujud.

Bahasa kali ini agak mellow low.. tapi yang mbaca jangan jadi ikutan mellow ngantuk ya.. Aleeka sedang batuk2, dan tidak bisa tertidur nyenyak semalaman, jadinya sedih de..

Baiklah, dimulai dari pertanyaan pertama mengenai, apakah saya sudah mantap tetap memilih dan menjalankan jurusan ilmu yang sudah dituliskan pada NHW#1? atau ingin mengubahnya?

Pada saat saya menerima NHW#4, seakan Allah telah memberikan penetapan kepada saya akan jurusan ilmu ini, kemarin Sabtu (19 Feb 2017) Allah mempertemukan saya dengan Ibu/Bapak yang meminta saya untuk membantu mereka mengerti lebih jauh mengenai e-commerce. Sebenarnya permintaan untuk sharing e-commerce ini sudah ada sejak akhir tahun lalu, dan Alhamdulillah baru terwujud kemarin. Rasanya ko pas ya timingnya. Sehingga saya berfikir, apa iya, memang Allah merestui saya untuk menjalani jurusan ilmu yang saya mau?

Materi baru saya buat hari Sabtu dini hari sampai waktu subuh, dan seakan energi untuk membuat materi tersebut, akan bicara mengenai entrepreneurship & bisnis (e-commerce saya jadikan part of ilmu2 tersebut) di sore harinya, membuat saya tidak (baca: seakan-akan) mengantuk, dan Alhamdulillah saat memberikan materinya pun tetap membuat saya bersemangat dan tertular ke Ibu/Bapak lainnya. Sehingga insya Allah akan ada pertemuan2 berikutnya, dan akhirnya, harapan saya beberapa dari peserta, memiliki toko online sendiri, bisa mengerti bagaimana konsep pemasaran, dan bagaimana mengelola bisnisnya.

Dalam hal ini, bukan berarti saya mengerti semua ilmu yang akan saya sharing kepada mereka, tapi dengan saya memiliki tanggung jawab untuk men-sharingkan ilmu2 tersebut, saya kan akhirnya jadi harus belajar lagi, belajar ulang, belajar hal baru, yang pada ujungnya sesuai dengan apa yang saya pilih pada NHW#1. Alhamdulillah, sehingga saya bisa putuskan bahwa, sampai di depan insya Allah saya akan tetap memilih jalur ilmu ini dalam kehidupan saya. Saat saya sedang membuat materi kemarin, ternyata di luar sana buaanyaakk ilmu2 baru yang saya tidak tahu, atau kurang tahu, dan saya merasa tertantang karenanya. Semoga Allah memberikan keberkahannya di masa depan, Aamiin..

Next… !! Kami diminta untuk melihat NHW#2, dan ditanya, jawabnya musti jujur nih.. *wink* Apa checklist yang sudah kami buat benar-benar dilakukan secara konsisten? dan saya suka quote ini yang diberikan saat pemberian NHW#4, dan entah kenapa selalu terngiang saat saya kemarin mulai merasa kelelahan (baca: males): Latih dengan keras diri anda, agar lingkungan sekitar menjadi lunak terhadap diri kita. Ini yang namanya cetarrr membahana.. langsung loh kayak dicolek, hehehe..

Alhamdulillah, sampai sekarang saya masih setia dengan checklist yang kemarin ditulis di google sheet, ada sedikit penambahan dan saya langsung tulis di Apps yang kemarin saya sempat share. Iiih.. penasaran yaaa… Lupa ya kakaaa?? mau tau aja apa mau tau bangettt?? tolong liat post NHW#2 saya disini yaaaa.. kalo mau tau loo.. apalagi mau tau bangett.. hehehe *kidding buibu.. Setiap hari saya mencoba untuk melakukan yang ada di checklist, walaupun terus terang, ada point yang saya sangat sangat berjuang untuk melakukannya, serius buibu, tapi saya ga mau kasih tau yang mana ah.. maluuu.. *tutup muka* karena mungkin buat buibu yang lain sepele, tapi buat saya itu tuh perjuangan, hiks…

Saya share screenshot apps yang saya pakai ya buibu, siapa tau menginspirasi (abaikan yang tidak di ceklis ya Bu, saya ini kadang2 emang males hehe.. )

Lanjuuttt.. Ya Allah.. saya baru sadar, ternyata pertanyaan b itu ada dua!! hehe.. pantes ko kayaknya pertanyaannya banyak hahaha.. oopss, maaf kaka2 fasils, ketawanya kegedean. Baik, di pertanyaan selanjutnya, kami diminta untuk merenungkan NHW#3, apa sudah terbayang maksud Allah menciptakan kita di dunia? Kalau sudah, maka tetapkan bidang yang akan dikuasai, sehingga peran hidup kita makin terlihat.

Heemm… Saya coba merangkum seperti ini. Setiap hari bangun untuk bekerja, saya merasa bersemangat, merasa bahwa hari ini hari baru untuk mempelajari dan mengaplikasikan sesuatu, terutama strategi jualan apa hari ini, bagaimana saya bisa memperbaiki bisnis saat ini, belajar trik jualan apalagi saya hari ini dan seterusnya. Saya sangat senang memberikan motivasi kepada orang lain untuk dapat melakukan hal lebih dalam hidupnya, karena saya tahu dan pernah menjadi bagian perubahan orang-orang yang ada di sekeliling saya, walaupun sedikit. Maka setiap tahun, saya meng-encourage teman-teman lainnya untuk mencapai sesuatu, misalnya melakukan review buku, sharing session ke teman-teman lainnya, mengikuti workshop, seperti itu. Di satu sisi, sangat sangat bersemangat apabila saya diminta untuk sharing manajemen, bisnis, entrepreneurship, dan hal-hal yang berbau jualan. Memang perjalanannya saat ini belum begitu lama, tapi Bismillah, saya akan tetapkan bahwa :

Misi Hidup saya: memberikan inspirasi atau knowledge ke orang lain dalam bidang pengetahuan yang berhubungan dengan jualan, terutama bagi Ibu/Bapak yang ingin menjadi entrepreneur, yang memang ingin memulai dari dasar. Saya ingin berperan sebagai inspirator bagi mereka.

Beranjak ke nomor berikutnya, setelah benar kami menemukan Misi, Bidang dan Peran, kami diminta untuk menyusun ilmu-ilmu apa saja yang diperlukan untuk menjalankan misi tersebut. Saya berpikir, untuk dapat menguasai bidang entrepreneurship, dan pemasaran, serta manajemen bisnis, maka tahapan ilmu yang harus saya kuasai sbb:

  1. Ilmu menjadi entrepreneur yang menggunakan teknologi yang sudah ada saat ini, misalnya bagaimana punya toko online, membuat blog untuk jualan, jualan di sosial media, dan lainnya.
  2. Ilmu pemasaran yang menggunakan teknologi, misalnya SEO, copywriting untuk jualan, dan lainnya.
  3. Ilmu manajemen bisnis, misalnya bagaimana pembukuan untuk bisnis pribadi, bagaimana mengelola keuangan bisnis, dan lainnya.

Sambil nulis, sambil mikir.. wih.. bisa ga tu ya? kan udah Bismillah ya, semoga Allah merestui. Musti yakin, bisa bertahap.. Aamiin..

Selanjutnya, kami diminta untuk menentukan milestone terhadap misi hidup di atas. Bagian ini yang saya masih meraba-raba, dan memang, selama ini saya tidak pernah menetapkan milestone hidup seperti ini, saya biarkan saya mengalir begitu saja terhadap misi hidup yang ternyata baru saya temukan saat ini. Padahal saya sudah tetapkan, saya akan ada dimana pada umur 40 tahun, dan ternyata Allah berikan Matrikulasi ini sebagai jawaban dan bantuan bagi saya. Allah Maha Baik, makasih ya Allah..

Jawaban yang ini sekaligus untuk menjawab pertanyaan berikutnya, apakah pada checklist yang kita buat, waktu-waktu untuk mempelajari ilmu-ilmu tersebut sudah dimasukkan.

Saya menetapkan KM 0 saya ada pada saat sekarang, saat ini saya berumur 25th (huuuu.. korupsiiii… hehee..) ok, saya ralat, saat ini saya berumur 33 th, dan akan 34 th di akhir 2017. Kepribadian (Kepri) 1: Hem.. kan ga musti umur juga dicantumin ya bu? Kepribadian 2 (Kepri): Begini ya bu Ayu, kan ente untuk netepin tuh, akan ngapain di umur 40, tulis aje biar ril. Kepri 1: tapi kan, jadi keliatan tuanya! Kepri 2: emang iya bu, udah tua, makanya sadarnya buruan, kelamaan ntar jadi tambah tue. Kepri 1: baeklah.. (Beware: mengerjakan NHW Matrikulasi IIP bisa menimbulkan banyak kepribadian dan perpecahan di antara mereka).

OK, lanjutttt manggg.. Saya ingin lebih memantapkan misi hidup ini dalam 3 tahun dari tahun sekarang, maksudnya untuk belajar & mengaplikasikannya, sambil juga sharing sehingga saya sendiri termotivasi untuk terus belajar. Pada checklist memang sudah dimasukkan untuk belajar ilmu-ilmu ini, tetapi menurut saya kurang maksimal, dan berjanji untuk lebih berkomitmen menjalankannya. Mungkin seperti ini milestonenya:

  1. KM 0 – KM 1 (tahun 1 – 2017) : Menguasai ilmu technopreneur (penggunaan teknologi untuk kegiatan entrepreneurship)
  2. KM 1 – KM 2 (tahun 2 – 2018) : Menguasai ilmu pemasaran (me-refresh ilmu pemasaran baru yang menggunakan teknologi)
  3. KM 2 – KM 4 (tahun 3 – 2019) : Menguasai ilmu manajemen bisnis

Pada dasarnya milestone di atas merupakan target penyelesaian pembelajaran saya dalam konteks waktu, walaupun kalau melihat saat ini beberapa ilmu sudah mulai saya terapkan, mungkin yang perlu saya lakukan adalah bagaimana menggali lebih dalam ilmu-ilmu tersebut, dan menempatkan ilmu-ilmu yang sudah sedikit saya miliki di tempat terbaik, dicoba dibuat runut, sehingga suatu saat bisa dimunculkan kembali sehingga lebih mudah dishare ke orang lain.

Next yang akan saya coba lakukan, lebih berkomitmen terhadap misi yang telah disusun, checklist sebagai bagian dari pagar dan kontrol pribadi, mulai belajar ilmu-ilmu yang sudah ditetapkan, dengan knowledge management yang harusnya juga sekalian dipikirkan. Suatu hari, saya ingin pada saat saya membaca kembali post ini, saya sudah mencapai misi yang sudah saya tetapkan hari ini, dan merasa bangga bahwa KM 0 itu sudah saya lewati dan dimulai dari saat ini.

Last but not least, saya ambil quote dari NHW#4 : Karena perjalanan ribuan mil selalu dimulai oleh langkah pertama, segera tetapkan KM 0 anda.

– Ammi

[Ayu Rachmawati – peserta Matrikulasi IIP batch #3 JKT1)

2 thoughts on “NHW #4 Matrikulasi Institut Ibu Profesional (IIP) Batch #3

  1. Mba aku ketawa ngakak pas bagian perpecahan kepribadian hehehe…
    Salut sama ilmu mbak yg bisa fokus di bidang bisnis. Saya lagi cari sumber inspirasi buat nyusun NHW saya hehe. Salam kenal

    -yasmin

Leave a Reply

