Aleeka · Amma · Appa · Belajar lagi · Others · Uncategorized

NHW #3 Matrikulasi Institut Ibu Profesional (IIP) Batch #3 (bag 1)

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Jumpa lagiii.. kita bertemu lagiii.. hari ini saatnya post NHW #3. Dan jreng jreeenngg.. ngerjain NHW dari minggu ke minggu selalu bertambah-tambah tingkat kesulitannya, atau bisa dibilang tantangannya. Untuk NHW#3 minggu ini, bener-bener tricky banget pertanyaannya, dan bener-bener bikin mikir luar biasa beberapa hari belakangan. Note: post diketik saat perjalanan pulang menuju rumah sehabis mengajar di Bekasi dalam situasi macet, jadi mohon maaf kalo bacanya agak2 geter2 sedikit.. lah.. hehehe…

Dalam menjawab NHW#3, postnya akan saya bagi menjadi beberapa bagian, sesuai dengan tantangan yang diberikan. Soale serius jawabannya bakalan lebih panjang dari NHW-NHW sebelumnya (glek..). Karena saya sudah menikah, maka jawaban yang saya post akan berhubungan dengan status saya ini. Here we go!!

  1. Task pertama, diminta untuk jatuh cinta lagi kepada suami, menuliskan alasan-alasan kenapa kita jatuh cinta padanya dan memutuskan untuk menikah dan hidup bersama sampai akhir hayat. Catat dan laporan responnya!
  2. Task kedua, melihat potensi anak, dan list down potensi-potensinya.
  3. Task ketiga, melihat diri sendiri, bercermin mencari potensi apa yang dimiliki, list down potensi-potensi tersebut.
  4. Task keempat, melihat lingkungan, tantangan apa yang ada dalam lingkungan kita, dan menerka apa maksud Allah menempatkan keluarga kita dalam lingkungan ini.

Sesuatu bukan buibu? hayo semua bilang bersamaaa.. IYAAAA… emang sesuatu NHW kali ini. Makanya, baiknya saya mulai menjawab tantangan yang diberikan. Dimulai dari Task pertama. Postingan bagian 1 ini, bermaksud untuk menjawab task pertama dan kedua, dan kemungkinan pada bagian endingnya akan diedit atau ditambah apabila saya sudah dapatkan respon dari suami.

Surat cinta untuk suami saya coba buat baru tadi malam setelah ada di rumah, suami & anak tidur, baru saya coba menulis surat cinta di notepad hape. Rencananya, saat pergi pagi ini, saya akan kirim by WA ke dia, dan tanya respon saat ketemu di sore harinya. E ternyata, takdir berkata lain. Paginya, saat saya melihat buibu yang lain sudah mulai kumpul NHW, yang sampai bikin surat dengan tulis love2 di depannya, ada cap bibir yang berantakan, nyiapin surat di meja makan, wah.. saya jadi terinspirasi untuk menuliskan surat digital ke tulisan.

Nanti saya coba capture foto surat yang saya tuliskan untuk suami, mohon maaf tidak saya jabarkan isinya, tapi kalo maksa mau ikutan mbaca, bole di zoom aja ya pic nya, ehem..

img_20170211_125842-01

Karena saya belum kasihkan ke suami suratnya, maka saya belum bisa info bagaimana responnya. Rencananya, nanti saya akan minta tolong Aleeka untuk kasih ke Appinya. Prediksi saya responnya akan cool ajah, no romantic sentences no romantic scene. Etapi kita coba liat aja nanti gimana endingnya.

Lanjut ke task kedua, mengenai mengenali potensi anak. Saya sudah coba tuliskan di notepad hape, tinggal copy, paste & editing sedikit aja kayaknya, berikut ini hasil analisa saya.

Potensi & kekuatan Aleeka

Aleeka insya Allah akan berumur 3 tahun pada tanggal 14 maret 2017 besok. Kalau mengevaluasi dari kuesioner tumbuh kembang anak, Alhamdulillah Aleeka sudah sesuai pencapaiannya. Di usianya sekarang, Aleeka sudah mengenal banyak nama binatang, kecuali hewan yg belum pernah dikenalkan, rata-rata dia sudah kenal. Berbicara juga sudah cukup jelas, sudah bisa berbicara menggunakan kalimat yg disusun dari lebih dari 3 -5 kata. Sudah bisa ‘ngadu’ apa yg dilakukan hari ini ke Ammi nya kalau pas belum tidur saat Ammi pulang kerja.

Sudah bisa menghafal angka 1 – 10, saat ini sdg belajar menghafal 11 – 20, kami tidak paksa ini sih, tapi anaknya yg sudah mulai mengulang-ulang angka belasan. Sudah hafal banyak lagu anak-anak jaman dulu, kayak balonku, burung kaka tua, pelangi2, cicak di dinding, you name it! Dia sudah hafal hampir semua lagu. Dia saat ini paling suka lagu selamat ulang tahun, kalau naik odong2 pasti rikues lagu ini, klo ga diputerin, bisa2 ga mau turun. Alhamdulillah mulai hafal dengan doa mau tidur, doa orang tua, doa kebaikan dunia akhirat, sama al fatihah & sholawat yg dia denger tiap jumat dari masjid dekat rumah. Walo belum lancar banget, Alhamdulillah sudah mulai ingat.

img-20160506-wa0009-01

Aleeka sudah kenal nama anggota tubuh, hampir semua sepertinya, klo nama yg ga sering dia dengar kayak tumit atau lambung sepertinya blum tau, hehe.. Kalau warna rata2 dia sudah kenal, sudah bisa milih warna baju yg dia suka, soalnya.

Dari semua yg dia ingat, rata2 dari yang dia dengar, karena memang dia belum bisa mbaca, walo kita merasa tidak sering mengulang, tapi anaknya cepat ingatnya. Saya rasa semua anak-anak akan mengalami hal ini, dimana semua informasi mereka serap sebanyak-banyak nya hanya dari pendengaran. Kalau Aleeka dia belajar dengan dua cara sepertinya, auditory & kinestetik. Semua lagu, doa, angka, anggota tubuh, dan lainnya tidak kami minta dia menghafalnya secara langsung, tapi dia dengar dan praktekkan sambil bernyanyi dan bergerak. Walo mungkin semakin dia besar, akan lebih terlihat lagi pola belajarnya. Dan bisa jadi berubah. We’ll see in the near future, insya Allah.

Kami selalu berusaha memberikan pengalaman menyenangkan saat berinteraksi dengan Aleeka, misalnya bercerita dengan mimik2 lucu, bermain pura2, bercanda. Tiap hari kami usahakan memeluk, mencium dan bilang sayang ke dia. Jadi sekarang, Aleeka dikenal sebagai anak yg suka bergerak, talkative, sudah punya selera humor, jail, dan penyayang. Dia bisa dengan sok romantisnya bilang sayang ke Ammi nya, tapi kalau bilang sayang ke Appi dia minta anterin Ammi nya dulu untuk nyamperin, baru berani ngomong.

Untuk melengkapi perkembangannya, kami juga menyiapkan beberapa set buku dan fun learning sebagai sarana interaksi. Makanya, kegiatan nyanyi bareng, membaca atau main bersama, harus kami lakukan minimal pas wiken. Hasilnya, Alhamdulillah dia mulai suka buku, dan lihai untuk bermain mencocokkan gambar.

Appi, nenek2, orang2 lain yg didekatnya bilang, Alhamdulillah sepertinya Aleeka anak yg cukup cerdas untuk anak seusianya. Mudah2an kami bisa mengakomodir perkembangannya, dengan membiarkan dia tumbuh seperti yg Allah sudah takdirkan untuknya. Kami orang tuanya, punya masa lalu yg kurang menyenangkan selama masa pertumbuhan kami, dan hal ini membuat kami berjanji untuk berusaha berikan yg terbaik untuk Aleeka dan tidak memaksakan kehendak kami sendiri.

Lainnya, Aleeka punya potensi untuk menjadi pemimpin, sangat mandiri, dan sepertinya klo punya adik, insya Allah sudah bisa jagain (baca: ngerecokin) adiknya. Mudah-mudahan saya diberikan kesempatan oleh Allah untuk punya momongan lagi ya. Aamiin..

Sepertinya task pertama & kedua saya coba cukupkan dulu, menunggu ending respon suami, nanti saya coba update di bagian bawah post ini.

See ya on the next tasks post! pantau terus blognya ya kakaaa.. #promodikit.

-Ammi-

[Ayu Rachmawati – peserta Matrikulasi IIP batch #3 JKT1)

ending dari post ini: hari minggu lalu saya sempatkan kasi suami sesuai skenario, suami yang terima tanya, apa itu? jawabnya: PR, buka & baca aja. Karena bacanya di ruang tv, jadi ga konsen, akhirnya dia bilang mau baca kedua kali di kamar. Abis itu daku dipeluk buibuuu.. bilang terima kasih, dan maaf karena belum bisa jadi suami terbaik. Ealaahh.. kupikir bakal dicuekin, taunya begitu hihihi.. okelah pakbos, ciyum basah dari akyu yah.. mmuuuaaccchhh..

Advertisements

One thought on “NHW #3 Matrikulasi Institut Ibu Profesional (IIP) Batch #3 (bag 1)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s