Amma · Belajar lagi · Others · Uncategorized

NHW #2 Matrikulasi Institut Ibu Profesional (IIP) Batch #3

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Seminggu sudah berlalu sejak pengerjaan NHW #1, ga berasa ya buibu. Kali ini, di sela-sela acara adik yang insya Allah akan menikah esok hari (minggu, 5 feb 2017), saya coba posting jawaban saya untuk NHW#2 yang deadline nya besok (o, tidaaakkk… #sokkalemaja).

NHW#2 pertanyaannya simple, sebenarnya malah bukan pertanyaan, melainkan kita diminta untuk menuliskan “CHECKLIST INDIKATOR PROFESIONALISME PEREMPUAN”, sebagai: a. individu b. istri c. ibu. Jawabannya ga sekedar kata-kata nih buibu, bukan kayak kemarin yang memang saya lebih banyak mengarang indahnya, ehem.. Judulnya kontemplasi diri besar-besaran ini mah.

621a59c0-8d43-4f53-8c05-2ae9b2b5b5f9

Kenapa besar-besaran? karena tiga status inilah yang saat ini sedang saya sandang. dan menurut saya, saat mulai menjadi ibu profesional, sudah benar dari Performance Indicator ini. Kalau mau mulai jadi profesional, kan harus ada sikap hidup yang berubah, sukur2 menjadi konsisten, dan harus bisa diukur, karena kalo mengawang-ngawang ya susah atuh ngukurnya. Belajar dari pengalaman ngisi KPI kantor, pasang indikator itu jangan yang terlalu imajiner, tapi achievable, dengan tidak meninggalkan sisi tantangannya.

Kalau menurut pembahasan Materi IIP minggu ini, kunci dari membuat indikator yang tepat yaitu menggunakan kunci SMART (Spesific, Measurable, Achievable, Realistic & Timebound). Aaiihhh.. sama bener kayak yang dikantor, boleh nanti saya ijin pakai istilahnya untuk dishare ke teman-teman ya bu Fasils (colek mba Gheena & mba Trisa). Ehem, kalo ada yang nyolek saya arti SMART di atas itu apa, plis googling dulu ya buibu, biar endingnya bisa belajar mandiri begituh, ganti..

Untuk Indikator yang dimaksud, saya coba list down yang memang ingin dilakukan saat ini, dan pas banget disuru untuk dituangkan, saya coba buat di google sheet, linknya bisa dicek disini untuk lebih detail:

https://docs.google.com/spreadsheets/d/1hnTy7lK1MXwCjXYMQ02UhJu60JEGB3m0Lxy-owWYwxk/edit?usp=sharing

Saya coba screenshot yang saya buat, yang menurut saya, masih belum sempurna, tapi saya coba untuk perbaiki terus menerus. Beberapa yang saya buat, memang sedang dalam proses keteraturan, lainnya ada yang gak pernah lagi dilakukan semenjak pindah tinggal dengan orang tua, atau memang belum dilakukan karena belum ada perangkatnya.

List indikator perbaikan saya menuju ibu profesional, sbb:

indpri

Karena dibuat dalam goggle sheets, jadi secara real time bisa saya ganti dan ubah, misalnya saat saya sudah harus mengevaluasi pencapaian indikator-indikator di atas. Atau misalnya, untuk memberi tantangan baru saya mau menambah indikatornya. Everything possible with google sheets, aha!! #bukanjualan #jangangagalfokus

OK, next.. tugasnya adalah memantau pencapaian / implementasi indikatornya. Untunglah sekarang semua jaman smart, smartphone, smart people, smart apps. Saat ini klo kita punya smartphone berbasis Android (klo iOS saya belum search ya, karena ga punya devicenya), ada Google Play yang memungkinkan kita cari semua apps yang kita butuhkan. Untuk kebutuhan ini, buibu bisa search dengan key word daily checklist / checklist aja, disitu nanti akan keluar berbagai apps checklist yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan & kepribadian buibu.

Sedangkan saya, install aplikasi daily checklist yang simple yet powerful (lagi-lagi buat saya), y: Loop Habit Tracker (link disini: https://play.google.com/store/apps/details?id=org.isoron.uhabits). Diharapkan dengan penggunaan apps ini, semua indikator yang saya tulis dapat dimasukkan ke dalam apps, ada remindernya, dan pemantauan implementasi semacam report dalam bentuk grafik sebagai overview.

Wokei, sepertinya saya wrap up NHW#2 kali ini dengan ucapan: Bismillahirrahmanirrahim, semoga Allah meridhoi usaha perubahan pribadi saya ini menjadi individu, istri dan ibu profesional. Karena hanya dengan izin Allah, semua indikator yang saya tulis akan dapat terlaksana. Tentunya dengan usaha untuk mencapainya.

See ya next post buibu.. jangan lupa folbek ya kakaaaaa… *wink*

-Ammi-

[Ayu Rachmawati – peserta Matrikulasi IIP batch #3 JKT1)

Advertisements

9 thoughts on “NHW #2 Matrikulasi Institut Ibu Profesional (IIP) Batch #3

  1. mau mengkoreksi mba. berdasarkan ketentuan gantt chart yg saya pelajari di perkuliahan.hhe. indicator pengukuran itu harusnya tabel ‘measurement’ yg teteh buat, sedangkan tabel indicator ini penamaan seharusnya task/rincian tugas. Jadi indikator itu ‘batasan/penanda’, tugas disebut sudah tercapai itu batas/tandanya sebatas apa.. nuhun.. #cmiiw ^_^

    1. alo mba, sedang dalam tahap pembuatan NHW2 kah? semoga sukses ya mba

      dalam tabel yang saya buat, saya menggunakan indikator, atau kalau dalam KPI biasa disebut performance indicator, memang isi dari tabel indikator tersebut dimasukan unsur tugas dan target (kalau di KPI biasanya target ada kolom sendiri), hanya masalah penggunaan kata /kalimat saja mba, karena ini untuk pribadi jadi saya biarkan saja tabelnya sesuai dengan pemahaman saya

      measurement yang ditulis menjadi penanda target pelaksanaan & evaluasi, jadi biasanya dicek setiap minggu (apabila targetnya perminggu) apakah pelaksanaannya sudah sesuai dengan measurement atau tidak, atau perlu improvement.

      semoga dapat menjawab & membantu ya mba

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s