Amma · Belajar lagi · Others · Uncategorized

NHW #2 Matrikulasi Institut Ibu Profesional (IIP) Batch #3

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Seminggu sudah berlalu sejak pengerjaan NHW #1, ga berasa ya buibu. Kali ini, di sela-sela acara adik yang insya Allah akan menikah esok hari (minggu, 5 feb 2017), saya coba posting jawaban saya untuk NHW#2 yang deadline nya besok (o, tidaaakkk… #sokkalemaja).

NHW#2 pertanyaannya simple, sebenarnya malah bukan pertanyaan, melainkan kita diminta untuk menuliskan “CHECKLIST INDIKATOR PROFESIONALISME PEREMPUAN”, sebagai: a. individu b. istri c. ibu. Jawabannya ga sekedar kata-kata nih buibu, bukan kayak kemarin yang memang saya lebih banyak mengarang indahnya, ehem.. Judulnya kontemplasi diri besar-besaran ini mah.

621a59c0-8d43-4f53-8c05-2ae9b2b5b5f9

Kenapa besar-besaran? karena tiga status inilah yang saat ini sedang saya sandang. dan menurut saya, saat mulai menjadi ibu profesional, sudah benar dari Performance Indicator ini. Kalau mau mulai jadi profesional, kan harus ada sikap hidup yang berubah, sukur2 menjadi konsisten, dan harus bisa diukur, karena kalo mengawang-ngawang ya susah atuh ngukurnya. Belajar dari pengalaman ngisi KPI kantor, pasang indikator itu jangan yang terlalu imajiner, tapi achievable, dengan tidak meninggalkan sisi tantangannya.

Kalau menurut pembahasan Materi IIP minggu ini, kunci dari membuat indikator yang tepat yaitu menggunakan kunci SMART (Spesific, Measurable, Achievable, Realistic & Timebound). Aaiihhh.. sama bener kayak yang dikantor, boleh nanti saya ijin pakai istilahnya untuk dishare ke teman-teman ya bu Fasils (colek mba Gheena & mba Trisa). Ehem, kalo ada yang nyolek saya arti SMART di atas itu apa, plis googling dulu ya buibu, biar endingnya bisa belajar mandiri begituh, ganti..

Untuk Indikator yang dimaksud, saya coba list down yang memang ingin dilakukan saat ini, dan pas banget disuru untuk dituangkan, saya coba buat di google sheet, linknya bisa dicek disini untuk lebih detail:

https://docs.google.com/spreadsheets/d/1hnTy7lK1MXwCjXYMQ02UhJu60JEGB3m0Lxy-owWYwxk/edit?usp=sharing

Saya coba screenshot yang saya buat, yang menurut saya, masih belum sempurna, tapi saya coba untuk perbaiki terus menerus. Beberapa yang saya buat, memang sedang dalam proses keteraturan, lainnya ada yang gak pernah lagi dilakukan semenjak pindah tinggal dengan orang tua, atau memang belum dilakukan karena belum ada perangkatnya.

List indikator perbaikan saya menuju ibu profesional, sbb:

indpri

Karena dibuat dalam goggle sheets, jadi secara real time bisa saya ganti dan ubah, misalnya saat saya sudah harus mengevaluasi pencapaian indikator-indikator di atas. Atau misalnya, untuk memberi tantangan baru saya mau menambah indikatornya. Everything possible with google sheets, aha!! #bukanjualan #jangangagalfokus

OK, next.. tugasnya adalah memantau pencapaian / implementasi indikatornya. Untunglah sekarang semua jaman smart, smartphone, smart people, smart apps. Saat ini klo kita punya smartphone berbasis Android (klo iOS saya belum search ya, karena ga punya devicenya), ada Google Play yang memungkinkan kita cari semua apps yang kita butuhkan. Untuk kebutuhan ini, buibu bisa search dengan key word daily checklist / checklist aja, disitu nanti akan keluar berbagai apps checklist yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan & kepribadian buibu.

Sedangkan saya, install aplikasi daily checklist yang simple yet powerful (lagi-lagi buat saya), y: Loop Habit Tracker (link disini: https://play.google.com/store/apps/details?id=org.isoron.uhabits). Diharapkan dengan penggunaan apps ini, semua indikator yang saya tulis dapat dimasukkan ke dalam apps, ada remindernya, dan pemantauan implementasi semacam report dalam bentuk grafik sebagai overview.

Wokei, sepertinya saya wrap up NHW#2 kali ini dengan ucapan: Bismillahirrahmanirrahim, semoga Allah meridhoi usaha perubahan pribadi saya ini menjadi individu, istri dan ibu profesional. Karena hanya dengan izin Allah, semua indikator yang saya tulis akan dapat terlaksana. Tentunya dengan usaha untuk mencapainya.

See ya next post buibu.. jangan lupa folbek ya kakaaaaa… *wink*

-Ammi-

[Ayu Rachmawati – peserta Matrikulasi IIP batch #3 JKT1)

4 thoughts on “NHW #2 Matrikulasi Institut Ibu Profesional (IIP) Batch #3

Leave a Reply

