Uncategorized

Women, wake up!! Kita juga bisa berkarya!! (not just women, of course)

Assalamu’alaikummmm… calon momi, calon dedi, calon umi, abi, mas, mba, tante, om, kakak, abang.. semua yang ada di siniiii.. 2nd blog post di tahun ini. Hufh.. sangat-sangat tidak produktif saya, padahal sudah juga dalam hati diniatkan untuk meramaikan blog lagi. Apa hendak dikata, hidup di dunia ternyata sesingkat ini yah! hehe.. beneran! Makanya ga heran kalo banyak yang bilang *terutama orang kantoran kayak saya nih.. eciyee…* perasaan baru kemarin taun baruan, ehhh udah mau akhir tahun ajah! Target saya pegimane niiihhhh… T,T

Bicara soal target, inget ga kalo di tiap akhir tahun, kita biasanya merenungi pencapaian kita selama tahun berjalan. Dan setelahnya, di awal tahun kita membuat target untuk setahun ke depan. Hayooo.. udah mau akhir tahun ini, was wes wos.. berapa persen dari target kita di awal tahun 2015 ini yang berhasil kita capai?

Buat saya, saat sebelum hamil, kehamilan menjadi target. Mungkin buat calon momi/dedi yang saat ini masih menantikan buah hati, tahun depan merupakan tahun pengharapan, semoga Allah mulai melirik kita, mempertimbangkan kita untuk bisa dititipkan salah satu karunia-Nya. Hemm.. klo dipikir-pikir lagi, menjadikan hamil sebagai target ga sehat juga ya, jadi terlalu terobsesi gitu.. T,T tapi dengan seperti itu, paling tidak kami selalu berpikir untuk berikhtiar dan tidak berputus asa.

Target saya yang lain sebenernya, pengen jadi Ibu RT alias full time mother di umur 40an, ommoo.. plis.. plis.. jangan tanya umur saya sekarang berapaaahhh.. anggaplah, saya ini masih 27an tahun hikhik.. tapi insya Allah, tetep berjiwa muda ko, ahaaayyy.. Masih inget blog post saya sebelumnya tentang full time mother? Sejalan dengan itu, sebenarnya pengeennn banget punya usaha sendiri dengan pertimbangan FT mother juga masih bisa berkarya!

Salah satu usaha yang saya rintis saat saya kebelet hamil itu, yaitu penyewaan perlengkapan bayi (bole dilirik ko blog promonya di: momsrental.wordpress.com). Dengan promo totally online, lewat blog, twitter (yang sekarang lagi mikir itu apaa passwordnya yah), Alhamdulillah bisa ‘hidup’ kalo tidak bisa dibilang berkembang, hingga sekarang. Dengan pengetahuan minim tentang blog, penggunaan socmed untuk promosi, dan pemanfaatan gadget, ternyata bisa loh punya usaha tanpa punya toko sebelumnya.

Nah, tahun ini bener-bener punya kesempatan untuk ngerasain punya toko online yang lain lagi, lewat salah satu marketplace terbesar di Indonesia, yaitu Tokopedia, yiippiiieee.. thank you Tokopedia!! cup cup muah muah. Kenal Tokopedia sih memang sudah dari tahun 2014 lalu, buktinya momsrental juga punya toko di tokopedia (yang sayangnya ga aktif karena keterbatasan pengetahuan saat itu, dan baru tau sekarang kalo Tokped dikhususkan bukan untuk usaha jasa, ssttt.. jangan bilang-bilang adminnya yah! hihihi), daannn.. selain itu, akupun shopper aktif di Tokopedia. Tokopedia tuh kubilang kayak ITC lah yang segala ada, gimana ga tergelitik tiap hari belanja coba! Hakhakhak..

Ketertarikan dan keterikatan emosional kepada Tokopedia saat ini, bener-bener didasarkan pengalaman belajar dan coba-coba di sana. Kalo melirik customer’s pathnya Pak Hermawan Kartajaya, aku ini ada di level A yang paling ujung: ADVOCATE! Kita intip 5A-nya Pak HK yuk, 5A customer’s path: Appeal – Aware – Ask – Act – Advocate. Advocate itu artinya orang yang seneenngg banget, puasss banget, sampe dia akan memberitahukan orang lain, atau mereferensikan hal yang dia suka ke orang lain, kalo perlu maksa supaya orang lain itu ikutan sama kita. Nah, itulah saya hakhakhak.. saya itu sampe ‘maksa’ orang untuk belanja online dan (saat ini) buka toko di tokopedia. Ga percaya? coba tanya group BBM saya yang isinya temen-temen kantor yang berhasil saya racunin untuk sekedar belanja di tokopedia. Eh, ada satu orang laen deng yang juga sama kayak saya. Wah.. klo ada event Tokopedia lagi, bole nih dia saya bawa untuk isi testimonial.

shop-banner

Btw, gimana ko segitunya sama Tokopedia ya? dirinciin de ya biar ga pusing baca blog saya yang isinya tulisan semua:

  1. Ga repot! Mau cari barang, yang simple aja de misalnya peniti, pasti ada di Tokopedia, hahaha.. ga percaya coba buka aja, terus cari barangnya, pasti ketemu!
  2. Ga makan waktu! Buat saya nih yang sehari-hari di kantor, kebanyakan ngandelin suami dan punya suami yang ga demen ke emol/tempat belanja, boro-boro tanah abang. Tokopedia itu salah satu jalan menuju emol terdekat! Tinggal online di hape, cari-cari barang, kirim deh.
  3. Transaksi aman! Buat shopper dan seller dua-duanya aman, klo mau tau info lengkap ko bisa begitu, coba cek langsung di websitenya Tokopedia yah, udah kebanyakan tulisan nih blognya.
  4. User friendly! ga seribet harus bikin blog atau website sendiri, semua fitur sudah ada di Tokopedia, tinggal kita-kitanya aja yang harus rajin cari tahu sendiri.

Kalau masih mau tau lebih lanjut soal bagaimana cara pakai Tokopedia, atau bagaimana sih caranya jadi wirausaha online, Tokopedia biasa mengadakan event Tokopedia Meet Up Community, atau bisa juga Roadshow ke kampus-kampus atau ke komunitas. Kebetulan kemarin abis ikutan salah satu acaranya Tokopedia: Tokopedia Meet Up Community – SMI (Selamat Morning Indonesia) & PKA (Pengusaha Kesayangan Allah), tanggal 30 Oktober kemarin. Capture sedikit hasil event kemarin yah:

acara SMI acara SMI2

So, jaman sekarang saat semuanya serba mudah, internet mudah, paket data cari yang murah, hape android udah lumayan murah, dan ada marketplace yang juga mudah dan lengkap, buat kita yang mau penghasilan tambahan ga cuma dari gaji, atau yang saat ini masih belum bekerja di kantoran, atau punya jiwa wirausaha tapi blum punya modal buka toko offline, buka toko online bisa jadi salah satu alternatif yang bagus banget. Yuk deh.. kalo mau jadi wirausaha online, saatnya tuh sekarang, jangan tunggu nanti-nanti! SEMUA kita bisa jadi wirausaha online, ga laki-laki ga perempuan, ga tua ga muda, semua bisa! Ga percaya? ya dibuktiin dulu dong!

Wihiii.. yuk ah! kita semua bergerak! Be Better.. Insya Allah Indonesia bisa meningkatkan kesejahteraannya, salah satunya jadi wirausaha online. Insya Allah.. Aminnn.. YRA

acara SMI3

-Ammi-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s