Amma · Appa · Persiapan Kehamilan

Persiapan Hamil (4)

Klo sebelumnya sudah pernah sharing soal persiapan hamil, dengan kunjungan dua dokter yang dah pernah disharing di post sebelumnya, klo kali ini mau sharing mengenai kunjungan terakhir ke dr kandungan yang ada di RSAB Harapan Kita, Jakarta Barat. Kenapa pilih di RS ini? karena melihat lengkapnya unit yang ada disana, khususnya untuk penanganan Ibu & Anak. Dan ternyata di sana ada klinik Infertilitas dan Bayi Tabung, namanya: Klinik Melati, sebenarnya jaga-jaga aja sih apabila ternyata memang pada akhirnya harus berhubungan dengan konsultasi ke Klinik ini, jadi lebih mudah karena ada di RS yang sama.

Awal prosesnya yaitu mengunjungi website RSAB Harapan Kita untuk tau jadwal praktek dokter kandungan yang pas sama dengan jadwal aku dan Appa. Kali ini sengaja memilih untuk mencari dokter wanita, karena sepertinya lebih nyaman dengan dokter wanita, secara pemeriksaan yang dilakukan kan bakalan ke dalem2 tuh! Takut grogi kalo dipegang dokter laki, apalagi kalo dapetnya yang ganteng, hehe… Nah, pas banget di hari Sabtu ada dr wanita yang memang lagi aktif tugas, namanya dr. Sadina. Dr. Sadina ini termasuk yang jadwal prakteknya paling banyak diantara dr wanita yang lain, karena jadwal prakteknya yang fleksibel, jadilah kita pilih beliau. Takutnya nanti kita mau konsul di hari lain, terus jadwalnya sedikit jadi susah ketemuannya.

Kami dateng pagi ke RS HarKit, langsung daftar untuk ketemu ke dr. Sadina. FYI, di RSAB Harapan Kita ada dua klinik kebidanan, yang satu untuk yang umum, maksudnya tidak pilih dokter mana yang mau ketemu, yang satu lagi Klinik Anyelir, yang disini dokternya bisa pilih. Karena dr Sadina ada di klinik Anyelir, maka daftarlah ke situ. Oiya, aku lupa apakah kedua klinik itu berbeda biayanya atau gak, tapi sepertinya berbeda. Lupa tanya berapa biaya untuk kedua kliniknya, kalo moms to be mau coba ke Klinik Kebidanan HarKit, ga ada salahanya untuk coba ditanyakan dulu, siapa tau cocok di klinik yang satunya.

Hari ini dr Sadina kebetulan ada operasi cesar pagi-pagi, dannn ga tau selesainya sampe jam berapa! Sampe agak siang baru pasiennya mulai dipanggil satu-satu. Untungnya aku daftar pagian, jadi ga terlalu lama nunggu pas dokter dateng. Jadiii.. sebelum masuk ruangan, sambil nunggu aku browsing-browsing mengenai dr. Sadina, mengenai testimonial moms to be lainnya yang jadi pasien beliau. Begitu ketemu, nyamain sama testimonialnya donggg..

Kalo menurut testi yang beredar di dunia maya, dr. Sadina tu orangnya gaul, murah senyum, suka ngobrol, ga perlu ditanyain macem-macem beliau dah kasih info detail mengenai proses pemeriksaannya, misalnya pas liat hasil USG, pasti dikasi tau detail. E bener aja loh! 🙂 seriusss. dokter gaul yang pernah ditemui! ngobrollll melulu, kita tanya-tanya diladenin. Dia tanya2 banyak juga tentang histori kita, udah pernah kunjungan ke dr lain blum? terus gimana hasilnya? apa rekomendasi dr-nya? udah dicek apa aja? Alhasil, kita jadi kayak ngedongeng, tapi beliau pun ga kalah ngobrolnya. Yang aku rasa cukup lama aja di dalem situ. Disitu ditanyalah kita, mau coba hamil dengan cara alami, atau mau cepet-cepet hamil? Hahaha.. kita kompak jawab: mau cepet-cepet hamil lah doookkk.. abis itu dr. Sadina jabarin test apa aja yang harus diambil kalo mau hamil.

Pertama dicek kondisi organ, manually! hemm.. dr mau cek apakah organnya normal ataukah ada indikasi medis lainnya? Untuk pemeriksaan ini jabarinnya gimana ya? warning: bagi yang jijik-an, mending langsung ke alinea berikutnya :p Dr pake tangannya untuk mengecek kondisi lendir di organ genital, dan rahim, apakah berasa sakit atau ga, Kalo sakit ada indikasi medis/penyakit. Caranya? memasukkan jari dan ditekan sedikit, terus ditanya? rasanya gimana? errr… clueless mau jawab apa! klo jawab: hmm.. aneh sih dok! coba kasi pilihan ganda jawabannya dok! lucu kali yah :p Tapiii.. kayaknya dr tau banyak cewe cupu kyk aku yang konsul ke dia, jadilah dia kasi pilihan: sakit? atau cuma berasa neken aja? okeeiilaaahhh maksudnya itu ya dookkk

selanjutnya dr. mau aku USG Transvaginal, mau liat kondisi folikel / sel telurnya apa sudah matang dan siap dibuahikah? Karenaa.. pas dateng saat itu tanggal 07 Mei 2013, pas banget H-14 dari masa haid, harusnya sudah masa subur yah? Nah, di pemeriksaan itu, hasilnya ini:

Hasil USG Transv

Jadi, kalo hasil pemeriksaan di atas, di ovarium kanan tidak ada folikel matang yang siap dibuahi. Kalo di ovarium kiri, folikel dominan ada tetapi ukurannya masih belum mencukupi untuk dapat dibuahi. Hemm.. agak sedih juga dengernya. Karena harusnya di tanggal tersebut, paling ga untuk adanya kehamilan ada minimal satu sel telur sudah mencukupi ukurannya.

Baeklah, atas dasar itu dr meminta kami untuk mengkonsumsi multivitamin (Zegavit & Dalfarol 200) yang harus kami konsumsi setiap hari sampai dengan hari konsul berikutnya. Kami diharuskan datang dan USG transv lagi untuk memantau foliker pada hari ke H-12/13.

Hem.. tampaknya perjuangan belum berakhir kan? Iyalaahh.. mendapatkan karunia terindah dari Allah, buat kami tidak semudah itu, tapi pasti ada jalan menuju ke sana dan yang pasti tidak boleh menyerah! Kalo kata Appa, tiap bulan adalah harapan baru. Kami berharap, hari itu tidak akan lama lagi datangnya 🙂 Amiiinn..

-Amma-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s