Amma · Persiapan Kehamilan

Menghitung masa subur

Mau sedikit share mengenai cara menghitung masa subur yang dikasi tau Dr. Erdwin Rakun waktu aku cek untuk persiapan kehamilan disana, cerita lengkap soal kunjungan ke Dr. Erdwin nanti aku share di post yang lain yah.

Okey, menurut pak dokter, gini caranya menghitung masa subur.
Pertama, cari tahu dulu berapa hari siklus menstruasinya, dihitung dari hari Pertama haid sampai dengan hari haid berikutnya. Yang dimaksud haid disini keluarnya darah yah, bukan dimulai dari keluarnya flek coklat. Biasanya sebelum keluar darah haid, kan yang keluar flek-flek coklat gitu dulu, biasanya 1 – 2 hari sebelum darah haid keluar.

Nah, dilihat dari 3 bulan terakhir, misalnya ketemu rata-rata siklusnya 28 hari. Jadi, cara menghitung masa suburnya: 28 – 14 = 14 hari. Dibaca +/- 3 hari. So, masa subur ada di hari ke 11 – 17 dihitung sejak pertama haid. Kalau siklusnya 30 hari, maka itungannya: 30 – 14 = 16 hari, jadi masa subur ada di hari ke 13 – 19 dihitung sejak pertama haid.

Contohnya: tanggal haid pertama 25 feb 2013, dengan siklus haidnya 28 hari, maka tanggal masa suburnya mulai tanggal 7 Maret sd 13 Mar 2013.

factick

Aku pribadi pake aplikasi yang ada di BB – Femalicious untuk ngebantu menghitung masa subur, yaannngg pas disamain sama pak dokter ga jauh ko bedanya sama perhitungan manualnya beliao. Kalo di android juga ada apps yang serupa, y: P Tracker dan apps lainnya juga ada. Silakan dipilih mana yang sesuai sama calon mommies d. Pengalaman aku, udah dicoba berhubungan pas masa suburnya, tapi memang belum berhasil nih! Mari dicoba lagih (*geretsuamikekamar).

Yuk, dicoba itung2an, semoga berhasil calon mommies :’) Kalo ada yang berhasil, share disini yah.

-Amma-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s